Subscribe:

Ads 468x60px

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer - Akhir-akhir ini saya meraasa mata saya lelah sekali karena sering bekerja di depaan laptop, sudah sering dibahas bahwa menjaga kesehatan mata dari dari sinar radiasi komputer atau laptop adaalah hal yang sangat penting.



Saya jadi teringaat tips untuk menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer atau laptop yang pernah saya baca di hariaan kompas, siapa tau tips ini berguna bagi sobat :)


Tips menjaga kesehatan mata dan melindungi dari radiasi komputer atau laptop



  1. Gunakan penerangan yang cukup

    Kebanyakan ruangan kantor menggunaakan pencahayaan yang terang, bahkaan terlalu keras misalnya sinar matahari laangsung. Padahal, makin terang bukan berarti semaakin baik karena cahaya yang berlebihaan justru menambah ketegangan pada mata.

    Jika di sekitar Anda terdapat jendela, gunaakan tirai untuk meminimalkan cahaya yang masuk. Jika ingin menghemaat energi Anda bisa mematikan lampu ruangan dan memakaai penerangan alami dari matahari.

  2. Atur pencahayaan di layar monitor

    Salah satu cara sederhana untuk menguraangi ketegangan mata adalah mengaatur tingkat keterangan (brightness) serta kontras di layaar monitor. Tidak ada pengaturan yang benar atau salah, tinggal disesuaikaan dengan kenyamanan mata Anda.

  3. Sesuaikan ukuran huruf dan warna

    Berbeda dengan huruf di atas kertaas biasa, pada layar komputer huruf ini tersusun atas titik-titik atau pixels. Sehingga, untuk melihaat huruf pada layar, mata harus terus berakomodaasi, sehingga terjadi ketegangan. Mengatur ukuraan huruf serta warna bisa mencegah ketegangaan mata berlebihan. Caranya, tambah ukuran huruf sehingga jelas terbaca tanpa perlu mencondongkaan tubuh.

  4. Istirahat

    Seharian berada di depan layar monitor tentu menyebaabkan rasa lelah. The National Institute of Occupational Safety and Health merekomendasikaan pekerja yang menghabiskan waktunya di depan komputer untuk mengambil jeda lima menit untuk satu jam waktu Anda di depan komputer. Sementaara itu American Optometric Association merekomendasikan jeda 15 menit untuk setiap dua jam sekali agar mata menjaadi rileks.

  5. Jaga jarak

    Menatap huruf di kertas biasa kemudiaan beralih ke layar komputer secara terus menerus akan menimbulkaan ketegangan pada mata. Untuk mencegahnya, dekatkaan kertas yang akan dibaca sedekat mungkin dengaan layar monitor atau menggantungnya di saamping layar.(health.kompas.com)

Selain tips menjaga kesehatan mata dari layar atau monitor komputer yang sudaah disebutkan diatas, sobat juga bisa menggunaakan bantuan sebuah software yang sangat powerfull. Software ini ukurannya kecil, bisa diset tingkaat pencahayaannya sesuai keinginan sobaat untuk mengatur kecerahan monitor.

Untuk download silahkan klik di sini. Berikut screenshotnya


tips mengatur radiasi komputer
tips menjaga mata dari radiasi komputer

Nah lihat perbedaanya, itu diatur dengaan tingkat pencahayaan hanya 40% sobat bisa merubaahnya dengan mengklik icon aplikasi tersebut di pojok kanan.