Subscribe:

Ads 468x60px

5 Cara Mengatur Keuangan (Tips Jitu)

5 Cara Mengatur Keuangan (Tips Jitu) - Mengatur keuangan memang sepele akaan tetapi seringkali menjadi masalaah yang begitu rumit. Hal ini adalah sesuatu yaang wajar mengingat cara mengatur keuangaan Anda yang belum dilakukan dengan baik


cara atau tips mengatur keuangan

Berikut ini tips bisa digunaakan untuk mengatur keuangan pribadi, mengaatur keuangan keluarga / rumah tangga, dan mengaatur keuangan bulanan supaaya lebih hemat







Cara mengatur keuangan pribadi atau rumah tangga


  1. Pahami portfolio keuangan keluarga Anda
    Hal yang paaling mendasar sebelum mengatu keuangaan rumah tangga atau keuangan pribadi adalah dengan memahaami portfoilo. Jangan sampai Anda tidak tau berapa jumlaah tabungan, tagihan telepon, biaya anak, dll.

  2. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan anda tiap bulan untuk ditabung
    Tahanlah keinginan untuk membeli baarang-barang yang sekiranya tidak perlu, biaya tak terduga bisa muncul kapaan saja dan bisa merusak cara Anda dalam mengatur keuaangan.

  3. Susun rencana keuangan atau anggaran
    Perencanaa yang mataang akan mempermudaah Anda dalam mengatur keuangaan rumah tangga atau pribadi.

  4. Hindari berhutang
    Seringkali kita memutuskan untuk berhutaang ketika kita merasa tidak bisa mengatur keuangan. Sebaiknya hindai berhutaang karena akan menambah masalah Anda di kemudiaan hari.

  5. Berinvestasi
    Langkah terkahir untuk mengatur keuangan Anda atau keuangaan rumah tangga dan berjaga-jaga dari biaya tak terduga adalaah dengan berinvestasi. Hal ini sangat dianjurkan dalam mengatur keuangan, terutama perencanaan keuangan rumah tangga untuk jangka panjaang.

Dengan melakukan 5 cara mengatur keuangan diatas dengan benar saaya yakin Anda pasti bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.