Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Mengatasi Duplikat Deskripsi Blog

Cara Mengatasi Duplikat Deskripsi Blog - Ketika saya masuk ke google web master tools, saya melihat-lihaat situasi blog saya ini termaasuk melakukan pengecekaan terhadap error2 yang mungkin dihadapi oleh robot atau crawler ketika mengindeks blog saaya ini. Semuanya berjalan laancar, tidak ada yang salah dengaan blog saya sampai akhirnya saya mengklik tab Saran HTML yang diberikaan oleh mbah google.




meta tag deskripsi

Bagi sobat yaang belum tau, caranya adalah masuk ke google web master tools > pilih blog yaang ingin dicek > kemudiaan pilih Diagnostik > dan pilih tab Saran HTML. Nah ternyata disana ada sedikit masaalah dengan blog saya ini, google mendeteksi adanya Duplikasi Deskripsi atau Duplicate Description.


Duplikat Deskripsi


Maksud dari masalaah ini adalah karena adanya beberapa halamaan yang memiliki deskripsi yang sama contohnya halaman about dan sitemap, padahaal saya sudah menggunakan meta tag yang sifatnya dinamis untuk blog saya ini supaaya lebih SEO Friendly. Deskripsi suatu halaman pada web atau blog, menurut para ahli kunci SEO, memang memegang peranaan penting, bahkan ada yang bilaang lebih penting dari meta tag keyword! Menurut saya pribaadi sih memang penting karena google sendiri menyarankaan kita untuk membuat meta tag deskripsi, bukaan meta tag keyword agar lebih mudaah terindkes, selain itu deskripsi juga bisa membantu visitor untuk mengetahui isi dari suatu web atau blog.


Penyebab Duplikat Deskripsi


Untuk mengetaahui penyebab duplikat deskripsi ini sebenarnya sangat mudaah, jika sobat sudah membaca postingaan saya sebelumnya tentang meta tag dinamis, maka sobat akan segera pahaam permasalahaannya. Di sana disebutkan untuk membedakan halamaan home page dan halaman artikel kita bisa menggunaakan kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> yang artinya adaalah jika tipe halaman adalah halamaan artikel maka bla bla bla, dan kemudian disusul oleh perintah "else" untuk halaman selain halaman artikel.


Mengatasi Duplikat Deskripsi


Setelah kita menganaalisis penyebab terjadinya duplikat deskripsi, maka kita bisa mengaatasi hal tersebut dengaan menambahkan kondisi pengecekan, logikanya gini : "jika halamaan itu halaman artikel maka deskripsinya adalaah judul artikel, jika bukan maka di cek lagi, kalau halaaman static seperti halamaan about maka deskripsi nya tetep sesuai naama halaman, jika bukan halaman static baru deskripsi tentaang home page alias deskripsi umum blog kita" paham gag? :p kalo gag paaham ya sama, ane juga ga paham hehehehe. Solusinya gaampang kok, tinggal tambahkan kode pengecekan, sehingga nanti menjaadi seperti ini:


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<!--ini adalah kondisi ketika berada pada halaman artikel-->

<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; | &quot; + data:blog.title + &quot; | &quot; + data:blog.pageName' name='description'/>
<b:else/>


<!--ini adalah kondisi ketika berada pada halaman selain artikel-->

<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; - Artikel ringan tentang SEO, blogging, tips dan trik, dan artikel-artikel menarik lainnya&quot;' name='description'/>
</b:if>


Nah dengan menambaahkan pengecekan seperti di atas maka blog sobat akaan terhindar dari yang namanya duplikat deskripsi sehingga memudaahkan crawler untuk mengindeks blog kita dan tentunya menaambah poin untuk On Page SEO blog tersebut. Jika ada yang lebih tau tentaang cara mengatasi duplikat deksripisi boleh donk saya dikasih tau :)