Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Membuat dan Mengganti Icon (Favicon) Blog

Bingung mo nulis apa neh, akhirnya posting tentaang cara membuat dan mengganti icon (favicon) blog ini hehehe... Mungkin sobat blogger lagi bosen dengaan icon bawaan blogger atau blogspot yang berbentuk huruf B, nah biar gag bosen mendingaan sobat bikin icon (favicon) sendiri deh, plus memasang icon tersebut di blog sobat sehingga bisa taampil di address bar.


Membuat icon dengan tools online


Sebelum kita mengganti icon blog tentunya harus ada icon yang akaan dipasang di blog kita naanti kan? Nah supaya lebih mudaah sobat bisa menggunakan beberaapa tools online untuk membuat animasi text (font), logo, animator, dll. Berikut ini layanan online yaang bisa membantu sobat untuk membuat icon (favicon) blog :


  • www.textspace.net

  • www.flamingtext.com

  • cooltext.com

  • www.simwebsol.com

  • www.logomatik.net

Gimana? cukup banyaak kan tool untuk membuat icon (favicon) yang akan dipaasang di blog sobat? Pilih-pilih ajah sesuka hati dan sesuaai selera hehehe...


Mengganti ekstensi file


Setelah sobat membuat icon blog sekaraang saatnya untuk memasaang icon tersebut, caranya cukup mudah kok. Tapi sebelum kita memasaang icon, file gambar yang sobat buat taadi masih berupa *.jpg atau *.gif padahal untuk menggaanti favicon dibutuhkan file *.ico, tenang lagi-lagi kita akan menggunaakan tool online yaitu http://www.icoconverter.com/


Mengganti icon (favicon) blog


Ikuti langkah-langkah berikut:


  • Biasa login dulu ke blogger.

  • Pilih Rancangan (Design) > Elemen Halaman (Page Element) > Favicon (Edit).

  • Setelah itu save.

Apakah sudah selesai? belum sob, untuk segera menampilkaannya pada address bar sobat harus edit html templaatenya, oia pastikan sobat sudah mengupload iconnya. Cari kode </head> dan letakkan kode berikut
<link href='http://1.bp.blogspot.com/-gT8lsHXbDb0/TyJNYCiwjnI/AAAAAAAAAgE/aQMYcBwsPvc/s320/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>


Ganti alamat penyimpanan icon (favicon) diatas sesuaai icon blog sobat. Selesai deh membuat dan mengganti icon (favicon) blog, sekaraang blog sobat memiliki ciri khas tersendiri. Selain mengganti icon, sobat juga bisa mempercantik blog sobaat dengan mengganti kursor blog dengan gambar atau animasi.

Selamat mencoba :)