Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Masa Subur Wanita - Tubuh wanita bekerja dalaam siklus. Masa subur wanita adalah masa diantara siklus ini yang memungkinkaan wanita mudah untuk mendapatkan kehaamilan, dengan kata lain masa subur pada wanita adalaah masa-masa ketika sel telur pada wanita sudah mataang dan siap untuk dibuahi sehingga mempermudaah kehamilan.



Cara



Bagi seorang wanita, mengetaahui atau menghitung masa suburnya bisa menjaadi sebuah keuntungan. Dengan menghitung masa suburnya maka seorang wanita akan sangaat terbantu untuk memilih waktu yang tepat agar supaaya mudah mendapatkan kehamilaan atau menghindari kehamilan.



Secara umum, siklus pada wanita terjadi setiap 28 hari. Hari pertama dari siklus tersebut adaalah hari pertama ketika menstruasi, sedangkan hari terakhir adalah 1 hari sebelum hari pertama menstruaasi di periode berikutnya.



Cara menghitung masa subur wanita



Lantas kapan masa subur seorang waanita dimulai? Jawabannya mudah, masa subur wanita adalah dimulai dari setengah periode siklus sampaai dimulainya periode berikutnya. Bingung? Sama donk hehehe... Oke begini saja, misal siklus seorang wanita adalah 28 hari, maka untuk menghitung masa subur wanita tersebut adalah dimulai dari hari ke-15 sampai ke-28.



Menghitung masa subur selain periode 28 hari



Jika satu periode siklus lebih dari 28 hari (misalnya 30 hari) maka maasa suburnya adalah hari ke-16 sampai hari ke-30. Mengapa begitu? Alasannya juga sederhana, menstruasi pada umumnya adaalah terjadi setelah 13-15 hari ovulasi.



Jika dalam jangka 13-15 hari setelah ovulasi tidak ada pembuaahan maka jadilah tubuh wanita mengeluarkan sel telur yang sudah matang tersebut (menstruasi). Itulah mengaapa masa subur wanita adalah 13-15 hari sebelum menstruasi di siklus berikutnya.



Menghitung masa subur untuk periode tidak teratur



Lalu bagaimana cara menghitung masa subur wanita yang mempunyaai periode tidak teratur? Jika seorang wanita ingin mengetaahui atau menghitung masa suburnya tetapi dia mengalami hal di atas maaka disarankan untuk mengamati periode sikulusnya selama 3 bulan dan kemudian diaambil rata-ratanya.



Bagaimana? Mudah kan cara menghitung masa subur wanita? Selamat berhitung dan semoga behasil.