Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Redirect Broken Link Dengan Fitur Blogger Terbaru (SEO On Page)

Cara Redirect Broken Link Dengan Fitur Blogger Terbaru (SEO On Page) - Di postingaan sebelumnya tentang menghapus broken link di google webmaster sudah dijelaskaan bahwa terkadang memang ketidak sengajaan kita ketika menulis atau membuaat suatu artikel dan kemudian menghapusnya bisa menyebaabkan terjadi broken link karena sudah terlanjur terekam oleh crawler google.



Pengalaman saya, walaupun sudah melakukan pengahpusaan link di webmaster google terkaadang broken link ini muncul lagi, apa sobat juga mengalaamai hal seperti itu?




Broken Link



Kalau untuk wordpress yg menggunaakan self domain broken link ini bisa diatasi dengaan menggunakan teknik redirect link begitu juga blogspot yang sudaah menggunakan domain sendiri juga bisa mencegaah broken link tersebut dengan menggunaakan redirect link, tapi kalau masih gratisan mungkin belum banyak yg tau bagaimana caranya.


Broken link ini sangat berpengaaruh, jika terlalu banyak broken link yg terdeteksi di google web master bisa berpengaaruh terhadap kualitas blog kita di mata google karena dianggap web atau blog spam.


Fitur Baru Blogger / Blogspot



Setelah googling karena penaasaran akhirnya saya menemukan cara yg cukup jitu untuk mengatasi broken link ini. Oia sebelum mencoba, tips ini berlaku ditampilaan dasbor blogger yang baru, jadi sebaiknya sobat ubaah dulu tampilannya ke antar muka baru.



Saya juga tidak terbiasa dengaan tampilan baru karena memang terbiasa dengan tampilaan lama blogger, nanti setelah kita atur untuk


mengatasi broken link ini sobat bisa kembalikan ke tampilaan lama jika merasa kurang sreg dengan tampila baru.




Sebenarnya fitur baru ini tidak haanya menyangkut broken link, tetapi satu paket yaang di kemas dalam fitur baru blogger yaitu Search Engine Preferences (pengaturan tentang bagaimaana blog kita di mata search engine, CMIIW).



Banyak yang bisa dilkakukan dengan fitur baru ini seperti mengaatur meta tag, deskripsi, robots.txt, dan juga broken link. Kalau sobat sudah menggunaakan meta deskripsi yg diatur manual ada baiknya sobat menghaapusnya karena dikhawatirkan terjadi dobel deskripsi, saya sendiri belum nyoba sih, baru nyoba fitur untuk broken linknya :p



Cara Mencegah / Mengatasi Broken Link Blogger (Blogspot) Dengan Auto Redirect Link



Untuk fitur2 yang lain silahkaan sobat coba sendiri, kita fokuskan saja ke permasaalahan broken link ini, ada dua pengaturan, yang pertaama pengaturan pesan ketika berada di halaman yang tidak ada (halaman broken link) dan yang kedua adalah pengaturaan redirect linknya.



Untuk redirect link, walaupun maasih manual (masih belum bisa otomatis setiap ada broken link maka akaan di redirect ke homepage misalnya gitu) ternyata juga bisa kita buat dengaan sedikit trik. Manual disini berati kita juga harus memasukkaan satu2 link yang terdeteksi sebagai broken link. Pembahasan auto redirect broken link akan dijelaskan dibawah nanti



Karena masih manual, maka sayaa pun hanya melakukan atau mengaktifkan pesan ketik ditemukaan broken link. Jika sobat tertarik langkah-langkaahnya seperti ini (pastikan bahwa sobat sudah berada di tampilan baru):


  1. Masuk ke blogger.com/home.

  2. Pilih blog yang ingin di setting.

  3. Kemudian pilih Setelan > Prefensi Penelusuran.

  4. Nah itulah fitur baru dari blogger, ada pengaturan Meta Tag, Galat dan Pengalihan, serta Perayap dan Pengindeksan.

  5. Untuk mengaktifkan pesan di halaman broken link silahkan sobat pilih Pesan Ubahsesuaian Untuk Halaman Yang Tidak Ditemukan dan masukkan pesan yg ingin sobat sampaikan kemudian save.

  6. Selesai deh, sekarang sobat bisa mengemablikan ke tampilan lama atau melakukan pengaturan lainnya.




Update : Ternyata setelah saya coba di blog yang belum di set message errornya sebenarnya blogger/blogspot sendiri sudah mengaktifkaan fitur tersebut (menampilkan pesan di halamaan broken link).



Untuk mengaktifkan redirect secara otomatis, sobat bisa menggunaakan trik redirect link dengan javascript seperti script anti iframe, caranya adalah ganti pesaan yang sudah kita set tadi dengan kode berikut
<script type="text/JavaScript">
location.replace('http://blogndroy.blogspot.com/');
</script>

Ganti alamat blog nya sesuai blog sobaat (dalam kasus ini kita melakukan redirect ke Homepage). Selamat mencoba fitur baru ini dan semogaa dengan melakukan pengaturan broken link di blogspot ini bisa membuat broken link di google webmaster segera berkuraang, semoga bermanfaat.